Senin, 31 Oktober 2016

Cara merawat mesin moyor yamaha r15


Cara Merawat Mesin Motor Yamaha R15 / Mesin Injeksi

hai brooo, kembali lagi dengan gue disini,oke. pada kesempatan kali ini gue mau membahas tentang " Bagaimana Cara Merawat Mesin Motor Yamaha R15 ".

perlu lu ketahui yamaha adalah salah satu brand mesin yang cukup mendunia atau terkenal apalagi di negara indonesia pasti, semua orang pasti kenal dengan produk-produk dari yamaha ini :D (sampek buyut lu :3) selain unggul dari desain saingan honda ini mampu memikat hati rider kelas 150cc,250cc,600cc,dll. yah dikarenakan dari segi desain, kemampuannya kalik ya. apalagi produk yamaha yang satu ini bisa memikat hati setiap yang melihatnya. yak, betull !! yaitu Yamaha R15.

Yamaha R15 merupakan motor yang menggunakan mesin ber cc 150, selain mesinnya 150cc motor ini dilengkapi fuel injection yang berarti pasti lumayan irit bensinnya (tp yah namanya juga motor sport pasti ya agak boros juga broo heheh, tp ya gak banyak-banyak), selain mesinnya injeksi motor ini mempunyai design yang sangat menarik terutama pada body samping, jika dilihat dari samping wow! sexynya blehhh. tapi menurut gua motor ini bukan vixion yang hanya berganti jubah!! melainkan memang bukan vixion yang dimana bukan dibahas pada postingan ini.


oke, sekian dulu sedikit reviewnya. kita kembali ketopik pembicaraan kita yaitu " Bagaimana Cara Merawat Mesin Motor Yamaha R15 / Mesin Injeksi ". oke untuk cara perawatannya memang gampang gampang susah. Intinya kita itu harus rajin aja and perhatian sama motorr, jangan cewek terus ya broo hehehe, (ehh sori yang jomblo :3) berikut cara perawatan mesin dari yamaha r15.

  1. Usahakan membeli bensin di pertamina ( POM ) atau jika mempunyai uang lebih usahakan beli bahan bahan yang mempunyai research octane number (RON) tinggi seperti : pertamax / pertamax ++ kalo ada :3, tp ini serius bro.., karena tau sendiri kan, kalo kandungan pertamax itu 90 oktan yg bagus untuk kendaraan
  2. Jangan sampai bahan bakar sering kosong , usahakan jika bensin tinggal sedikit langsung di isi. jikalau bensin sering kosong maka kotoran akan terbawa menuju pompa bensin dan injeksinya yang dimana menyebabkan kerusakan.
  3. untuk aki motor yamaha r15 menggunakan aki kering yang rata rata penggunaannya adalah 2,5 - 3 tahun, jika setelah 2,5 tahun usahakan ganti aki yang baru.dan gue saranin ganti aki dari brand yamaha nya langsung or ke dealernya langsung
  4. ganti oli setiap 1000/2500KM. Nih ya bro gue saranin untuk bro yang mau mengendarai r15 bro dengan nada yang tinggi, ane saranin pakai oli merk motul 5000 4t ester yang kekentalan olinya 10w-40w
  5. ganti air radiator setiap 10000KM.
  6. setiap ingin jalan 15/20 menit sebelumnya, usahakan mesin dipanaskan sekitar 1-5 menit agar aki tidak tekor, dan jika motor jarang dipakai ya minimal dipakai jalan keliling komplek lah untuk menjaga kondisi aki agar tidak cepat sedeng.
  7. hindari penggunaan bensin dan utamakan pertamax. maxsimal pertamax 92.

Btw, pasti kalo kita punya motor bakal modif itu motor, nah saran gue nih bro, jangan sampai ngerubah-rubah daleman mesin, karena resikonya tinggi bro, dan gue kasih tau setiap nge- modif motor pasti ada resikonya jadi... kalo mau modif motor yang biasa-biasa aja dengan kata lain ngepasin duit yang ada dikantong heheh, safety riding diutamakan bro :D. Nih gue mau kasih tau penampakan motor r15 gua hehehe, bukannya sombong ya bro cuma ngasih tau modif simpel :3

Itu hanya menambah kontang (kondom tangki) dan mengganti spion model ninja fi 250 bro
Abaikan muka gue ya broo heheh, ngomong2 bro, ane sekalian promoto club gue, yukk join di RSCL LAMPUNG, bagi owner r15/r25 yang hobi kumpul bareng n touring

Nih ya bro gue saranin untuk selalu memanaskan motor brosis sebelum berkendara, waktu pemanasan motor kita gunain apa ? langsung starter ? -_- ya iya lah khusus nih untuk motor yamaha r15, motor ini tidak dilengkapi kick starter  atau engkol ya kalau mogok dorong deh. udahlahya, gue masih banyak kerjaan bro, maklum lah namanya juga anak SMA banyak tugas hehehe
Oh iya satu lagi, menurut gue sih untuk perawatan motor yamaha ini memang gampang gampang susah, gampangnya ya waktu ganti oli dan air radiator sih, susahnya kalau gue di waktu pengisian bahan bakar deh, karena apa ? yah jawab sendiri aja deh kalau yang seotak dengan gue. okelahya cukup sekain postingan kali ini semoga bermanfaat. thanks sampai ketemu lagee...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar